Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri tentang Materi Tekanan Zat Cair dan Penerapannya dalam Kehidupan

Friska, Reski Ivon (2016) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri tentang Materi Tekanan Zat Cair dan Penerapannya dalam Kehidupan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RESKI_IVON_FRISKA_1201329_3196_2016.pdf] Text
B1_3_RESKI_IVON_FRISKA_1201329_3196_2016.pdf

Download (11MB)

Abstract

Perubahan panduan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Kurikulum 2013 menyebabkan guru IPA kesulitan dalam merancang RPP yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Guru sulit merancang skenario pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan keterbatasan sarana prasarana pendukung serta sumber belajar juga menjadi salah satu kendala dalam perancangan RPP. Selain itu dalam pelaksanaan pendekatan saintifik juga mengalami kendala dalam memancing peserta didik memunculkan pertanyaan. Salah satu cara memotivasi peserta didik untuk bertanya ialah dengan mengkolaborasikan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri karena salah satu keunggulan dari model pembelajaran inkuiri ini dapat memotivasi peserta didik untuk bertanya. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP IPA Kelas VIII SMP berbasis model pembelajaran inkuiri tentang materi tekanan zat cair dan penerapannya dalam kehidupan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengggunakan model Four-D. Dalam penilitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Subjek penelitian ini ialah 3 orang guru IPA SMPN 3 Pariaman dan peserta didik Kelas VIII 7 SMPN 3 Pariaman. Data penelitian ini adalah data primer yang dianalisis dengan statistik deskriptif berupa persentase. Dari penelitian dihasilkan produk berupa RPP IPA Kelas VIII SMP berbasis model pembelajaran inkuiri tentang materi tekanan zat cair dan penerapannya dalam kehidupan. RPP IPA yang dihasilkan dengan nilai rata-rata 88% dikategorikan valid oleh validator. RPP IPA yang dihasilkan dengan nilai rata-rata 88% juga dikategorikan praktis dalam keterlaksanaannya oleh guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa RPP IPA Kelas VIII SMP berbasis model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Materi, Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:02
Last Modified: 14 Apr 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5499

Actions (login required)

View Item
View Item