Perdana, Reska Anugrah (2014) Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Menggunakan Multimedia Interaktif dan PowerPoint di SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RESKA_ANUGRAH_PERDANA_18365_1296_2014.pdf [thumbnail of B1_3_RESKA_ANUGRAH_PERDANA_18365_1296_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RESKA_ANUGRAH_PERDANA_18365_1296_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Rendahnya motivasi siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran disebabkan oleh beberapa permasalahan, yaitu mata pelajaran biologi disampaikan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, materi sistem peredaran darah sulit dipahami siswa, guru kurang memperhatikan karakteristik siswa yang menyenangi gaya belajar audio-visual, dan penggunaan media pembelajaran berupa presentasi masih belum optimal. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team menggunakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif dan PowerPoint yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Sampel diambil menggunakan teknik purposive cluster sampling, dimana terpilih kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir untuk ranah kognitif, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa untuk ranah afektif, dan lembar observasi untuk ranah psikomotor. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis pada ranah kognitif didapatkan t hitung (2,02) besar dari t tabel (1,67), pada ranah afektif didapatkan t hitung (3,40) besar dari t tabel (1,67) dan pada ranah psikomotor didapatkan t hitung (2,63) besar dari t tabel (1,67) berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan kata lain lebih terlihat peningkatan kompetensi belajar biologi siswa yang menggunakan media pembelajaran berupa multimedia interaktif daripada media pembelajaran berupa PowerPoint pada pembelajaran kooperatif tipe Listening Team pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biologi, Kompetensi, Multimedia |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:01 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5494 |