Putri, Renti Pryma (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang diberi Tugas Rumah Kartu Ide Bergambar dengan Lembar Ide Peta Konsep Bergambar Sebelum Melaksanakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RENTI_PRYMA_PUTRI_96851_6124_2013.pdf [thumbnail of B1_3_RENTI_PRYMA_PUTRI_96851_6124_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RENTI_PRYMA_PUTRI_96851_6124_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Masalah yang terjadi di SMP Negeri 3 Pariaman adalah rendahnya hasil belajar, kurangnya keaktifan siswa karena model dan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru belum bervariasi. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan pemberian tugas rumah mengisi kartu ide bergambar dan lembar ide peta konsep bergambar pada model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diberi tugas rumah kartu ide bergambar dengan lembar ide peta konsep bergambar sebelum melaksanakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan The Static Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman yang belajar pada guru yang sama. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen II lebih tinggi (76,32) dari kelas eksperimen I (66,98). Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata (α) = 0,05 dengan derajat kebebasan dk 74 didapatkan t hitung = 3, 812 dan harga t tabel = 1,66 (t hitung > t tabel ) maka hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pemberian tugas rumah kartu ide bergambar dengan lembar ide peta konsep bergambar sebelum melaksanakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Hasil belajar biologi siswa dengan pemberian tugas rumah lembar ide peta konsep bergambar lebih baik daripada dengan tugas rumah kartu ide bergambar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biologi, Bergambar, Student Facilitator |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 05:58 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 05:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5479 |