Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Penguasaan Kata Bantu Bilangan (josuushi) Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 4 Padang

Sari, Reno Purnama (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Penguasaan Kata Bantu Bilangan (josuushi) Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RENO_PURNAMA_SARI_1208960_5754_2016.pdf] Text
B1_3_RENO_PURNAMA_SARI_1208960_5754_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yaitu penguasaan kata bantu bilangan (josuushi) siswa kelas X IIS SMA Negeri 4 Padang masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa yang belum semuanya bisa mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, yaitu 78. Masih banyak siswa yang gagal dalam penguasaan kata bantu bilangan (josuushi) yaitu sekitar 68 dari 96 siswa kelas X IIS yang tersebar dalam tiga kelas di SMA Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang dipilih yakni eksperimen semu atau quasy experiment dengan desain posstest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 4 Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016 yang berjumlah 96 orang siswa dan sampelnya adalah 32 orang siswa kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 orang siswa kelas X IIS 3 seabagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah nilai penguasaan kata bantu bilangan (josuushi) tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Instrumen penelitian ini adalah tes yaitu tes essay yang terdiri dari 15 butir soal. Dari hasil penelitian, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan kata bantu bilangan (josuushi) siswa kelas X IIS SMA Negeri 4 Padang karena t hitung >t tabel (6,04>1,67) pada taraf signifikan 95%. Jadi, disimpulkan bahwa penguasaan kata bantu bilangan (josuushi) siswa kelas X IIS SMA Negeri 4 Padang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Siswa, Kooperatif,
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 14 Apr 2025 05:35
Last Modified: 14 Apr 2025 05:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item
View Item