Safitri, Dini (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Dayun Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DINI_SAFITRI_1209117_1130_2015.pdf [thumbnail of B1_1_DINI_SAFITRI_1209117_1130_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DINI_SAFITRI_1209117_1130_2015.pdf
Download (949kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Terbalik (Reciprocal Teaching) dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar
Biologi Siswa SMAN 2 Dayun Kabupaten Siak, dengan melalui 4 (empat)
rumusan masalah; (1) Apakah hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan
model pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) lebih tinggi dari pada hasil
belajar biologi siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung (Direct
Instruction)?, (2) Apakah hasil belajar Biologi siswa yang berpengetahuan awal
tinggi yang diajar dengan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)
lebih tinggi daripada hasil belajar Biologi siswa yang berpengetahuan awal tinggi
yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung?, (3) Apakah hasil belajar
Biologi siswa yang pengetahuan awal rendah yang di ajar dengan model
pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) lebih tinggi daripada hasil belajar
Biologi siswa yang pengetahuan awal rendah di ajar dengan Model Pembelajaran
Langsung?, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan
pengetahuan terhadap hasil belajar biologi siswa?
Penelitian ini adalah penelitian dengan quasi eksperimen dengan desain
factorial 2 x 2. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Dayun Kabupaten Siak semester
ganjil tahun 2014/2015. Sampel diambil dengan Purposive Random Sampling.
Data penelitian dikumpulkan melalui tes akhir dan dianalisa dengan uji-t dan
analisa varians.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar
biologi pada kelas eskperimen dan kelas kontrol dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar, yakni hasil belajar biologi siswa yang diajar
dengan model pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) lebih tinggi dari pada
hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung, (2)
Hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang di ajar dengan model
pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) lebih tinggi daripada hasil belajar
siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang di ajar dengan model pembelajaran
langsung , (3) Hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar
dengan model pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) tidak lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan
model pembelajaran langsung, (4) Tidak terdapat interaksi antara model
pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) dengan pengetahuan awal terhadap
hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:34 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5462 |