Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Membimbing dan Sikap Kewirausahaan Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Sistem Ganda Siswa Jurusan mekanik Otomotif di SMKN 2 Pekanbaru

Dini, Mirna (2011) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Membimbing dan Sikap Kewirausahaan Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Sistem Ganda Siswa Jurusan mekanik Otomotif di SMKN 2 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MIRNA_DINI_10767_3689_2012.pdf] Text
B1_1_MIRNA_DINI_10767_3689_2012.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Hubungan persepsi
siswa tentang kemampuan guru membimbing siswa dalam pelaksanaan praktek
kerja industri dengan hasil belajar pendidikan sistem ganda . (2) Hubungan sikap
kewirausahaan dengan hasil belajar pendidikan sistem ganda. (3) Hubungan
persepsi siswa tentang kemampuan guru membimbing siswa dalam pelaksanaan
paraktek kerja industri dan sikap kewirausahaan secara bersama-sama dengan
hasil belajar pendidikan sistem ganda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII
jurusan Mekanik Otomotif di SMKN 2 Pekanbaru yang berjumlah 102 orang.
Sampel penelitian ini sebanyak 78 orang yang ditentukan dengan menggunakan
Proportional stratified random sampling. Alat pengumpul data untuk variabel
persepsi siswa terhadap kemampuan guru membimbing dan sikap kewirausahaan
siswa menggunakan kuesioner yang diisi oleh siswa, kuesioner yang digunakan
telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya, sedangkan data hasil belajar
menggunakan studi dokumen yaitu nilai yang tertera di sertifikat siswa. Data
diolah dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang
kemampuan guru membimbing berkontribusi positif dengan hasil belajar
pendidikan sistem ganda, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) = 0,462 dan
koefisien determinasi (r2)= 0,214. (2) Sikap kewirausahaan berkontribusi positif
dengan hasil belajar pendidikan sistem ganda, ditunjukkan dengan koefisien
korelasi (r) = 0,550 dan koefisien determinasi (r2)= 0,303 (3) Persepsi siswa
tentang kemampuan guru membimbing dan sikap kewirausahaan secara bersamasama
berkontribusi positif dengan hasil belajar pendidikan sistem ganda,
ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,722 dan koefisien determinasi
(R2)= 0,522. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa faktor bimbingan guru dan
sikap kewirausahaan penting artinya dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan
sistem ganda siswa jurusan mekanik otomotif di SMKN 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:34
Last Modified: 14 Apr 2025 04:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5461

Actions (login required)

View Item
View Item