Penggunaan Metode Rangkuman Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Riau

Jannah, Miftahul (2011) Penggunaan Metode Rangkuman Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MIFTAHUL_JANNAH_51927_3000_2012.pdf] Text
B1_1_MIFTAHUL_JANNAH_51927_3000_2012.pdf

Download (212kB)

Abstract

Data yang diperoleh di SMA Negeri 1 Rengat Barat pada tahun ajaran
2009/2010 diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS masih tergolong rendah
dengan nilai rata-rata 63. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang belum
bisa membuat siswa termotivasi dalam belajar, apalagi sebagian besar siswa tidak
memiliki catatan yang baik, rinci, dan sistematis. Untuk itu, perlu diterapkan model
pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar dan menciptakan suasana
pembelajaran tersebut bermotivasi, sehingga membuat siswa dapat berperan aktif
untuk memiliki catatan yang baik, rinci, dan sistematis yang dapat meningkatkan
retensi siswa terhadap pembelajaran geografi tersebut melalui Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
Penilitian Tindakan Kelas yang diterapkan adalah Metode Rangkuman
Dengan Teknik Mind Mapping. Diharapkan dengan diterapkannya Metode
Rangkuman Dengan Teknik Mind Mapping ini dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan
Januari sampai bulan Maret 2011 di SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten Indragiri
Hulu Riau. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32
orang pada tahun ajaran 2010/2011. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah
motivasi belajar, aktivitas siswa dan guru, hasil belajar dan ketuntasan belajar.
Perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), format Mind Mapping. Instrumen pengumpulan
data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah angket motivasi, lembar observasi
aktivitas siswa dan guru, serta soal tes hasil belajar.
Sebelum penerapan metode rangkuman dengan teknik mind mapping ini nilai
rata-rata siswa yang diambil dari data semester I yaitu 62,8 dengan persentase
ketuntasan klasikal 46,88% dan setelah penerapan metode rangkuman dengan teknik
mind mapping ini menjadi 67,81 dengan ketuntasan klasikal 71,88% pada siklus I,
kemudian meningkat menjadi 77,75 dengan ketuntasan klasikal 90,63% pada siklus
II. Begitu pula dengan hasil analisis motivasi belajar siswa mengalami peningkatan
pada tiap-tiap siklus. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode
rangkuman dengan teknik mind mapping ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Rengat Barat Kabupaten
Indragiri Hulu Riau.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:34
Last Modified: 14 Apr 2025 04:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item
View Item