Rizqa, Miftahir (2009) Evaluasi Program Strategi Menghadapi Ujian Nasional di MTsN Model Padang Tahun 2008. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MIFTAHIR_RIZQA_91627_5331_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MIFTAHIR_RIZQA_91627_5331_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MIFTAHIR_RIZQA_91627_5331_2012.pdf
Download (126kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Strategi
Menghadapi Ujian Nasional di MTsN Model Padang Tahun 2008 dan bagaimana
out put dari pelaksanaan program Strategi Menghadapi Ujian Nasional di MTsN
Model Padang Tahun 2008.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru kelas IX MTsN Model Padang
yang mengajar mata pelajaran yang masuk pada Ujian Nasional sebanyak 36
orang. Pengambilan sampel terhadap guru dengan cara purposive sampling. Siswa
MTsN Model padang yang mengikuti ujian nasional tahun 2008 sebanyak 426
orang. Adapun pengambilan sampel terhadap siswa dengan menggunakan teknik
random sampling, yang meliputi 60 siswa dari MTsN Model Padang. Instrumen
yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Angket
dianalisis dengan statistik deskriptif.
Pengetahuan dasar keguruan dinilai baik, dari jumlah responden (guru) 36
orang: sebanyak 21 orang atau 58.33% menyatakan baik. Hal ini menunjukkan
bahwa guru kelas IX yang mengajar di MTsN Model Padang tahun 2008
mempunyai pengetahuan dasar keguruan yang baik. Peran KKG di MTsN Model
padang dinilai sangat baik, dari jumlah responden (guru) 36 orang: sebanyak 11
orang atau 30.56% dinyatakan partisipasinya baik, dan sebanyak 22 orang atau
61.11% partisipasinya sangat baik. Materi yang diajarkan pada kelas IX semester
II efisien. Berdasarkan data yang diperoleh dari jumlah responden (guru) 36
orang: sebanyak 17 orang atau 47.22% menggunakan waktu efisien, sebanyak 16
orang responden atau 44.45% menggunakan waktu dengan sangat efisien. Adapun
tahapan bimbingan yang diberikan kepada siswa ada 4 tahapan, diantaranya: tahap
bimbingan I, tahap bimbingan II, tahap bimbingan III dan tahap pemantapan.
Berdasarkan data yang diperoleh dari jumlah responden (siswa) 60 orang:
sebanyak 56 orang atau 93.33% menyatakan baik. Program bimbingan berjalan
dengan baik. Hasil try out siswa setelah mengikuti program bimbingan meningkat,
dilihat dari dokumentasi nilai hasil try out siswa tahun 2008. Berdasarkan data
mengenai penanggung jawab rombel yang diperoleh dari jumlah responden (guru)
36 orang: sebanyak 13 orang atau 36.11% menyatakan penanggung jawab rombel
bernilai baik, sebanyak 20 orang atau 55.56% menyatakan penanggung jawab
rombel bernilai sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:34 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5452 |