Using Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) to Increase Mastery of The Junior High School Students’ Vocabulary.

Juwita, Indrian (2013) Using Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) to Increase Mastery of The Junior High School Students’ Vocabulary. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_INDRIAN_JUWITA_96533_5079_2013.pdf] Text
B1_4_INDRIAN_JUWITA_96533_5079_2013.pdf

Download (714kB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk memaparkan salah satu strategi pengajaranvocabulary di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggunakan VocabularySelf-Collection Strategy (VSS). Strategi ini dapat digunakan dalam pengajarankosakata Bahasa Inggris. Strategy ini dapat dingunakan untuk meningkatkanpengetahuan kosakata siswa dan menumbuhkan motivasi internal siswa dalam belajarkosakata Bahasa Inggris. Dalam strategy ini, siswa diberi kepercayaan untuk dapatmenemukan arti dari kosakata sulit yang mereka anggap penting dan menarik untukmereka ketahui berdasarkan topik yang telah diberikan guru pada akhir pelajaransebelumnya. Pada pertemuan berikutnya, satu persatu siswa diminta untuk menuliskata di papan tulis dan mempresentasikan kata tersebut di depan kelas. Dalampresentasi, siswa menjelaskan dimana mereka menemukan kata tersebut, apa arti katatersebut menurut pendapat mereka dan mengapa dia dan siswa lain harus tahu artikata tersebut. Setelah presentasi, guru dan seluruh siswa memberikan informasitambahan mengenai kata-kata yang telah dipresentasikan. Dalam diskusi ini,dilakukan penyisihan terhadap kata-kata yang muncul lebih dari satu kali dan katakata yang dianggap seluruh siswa sudah mengetahui artinya. Kata-kata yang terpilihpada akhirnya akan ditulis kembali ke dalam daftar kata pribadi mereka. Peran guruadalah memantau dan menilai hasil kerja siswa dan mendiskusikan kata-kata barutersebut bersama-sama di dalam kelas. Penulis yakin bahwa strategi ini dapatbermanfaat bagi guru dalam peningkatan motivasi anak-anak dalam belajar BahasaInggris. Selain itu, strategi ini juga dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadapBahasa Inggris dan hal ini dapat memberikan dampak positif dalam proses belajarmengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: VOCABULARY, SELF-COLLECTION STRATEGY, INCREASE MASTERY
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:34
Last Modified: 15 Apr 2025 01:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item
View Item