Mayani, Dwita Elfri (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DWITA_ELFRI_MAYANI_18029061_3846_2022.pdf [thumbnail of B1_01_DWITA_ELFRI_MAYANI_18029061_3846_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DWITA_ELFRI_MAYANI_18029061_3846_2022.pdf
Download (8MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari
pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun
berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping diperoleh
pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dapat
ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team
Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui,
menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta
didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik
daripada pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas konvensional.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian
Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII 1 – VIII 4
SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
simple random sampling sehingga terpilih peserta didik kelas VIII 1 sebagai kelas
eksperimen dan VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu
uji-t.
Berdasarkan analisis data hasil analisis tes pemahaman konsep matematis
diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh Pvalue
= 0,029 karena P-value < α maka �0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa
pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada peserta didik yang belajar
menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk
Sikaping. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe TAI memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 00:34 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 00:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5416 |