Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Berorientasi Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) di Kelas VI Sekolah Dasar

Faisal, Faisal (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Berorientasi Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) di Kelas VI Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FAISAL_1204017_3238_2014.pdf] Text
B1_1_FAISAL_1204017_3238_2014.pdf

Download (597kB)

Abstract

Kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang
efektif pada proses pembelajaran membaca sangat penting untuk mengarahkan
dan membimbing peserta didik memahami isi bacaan secara utuh. Akan tetapi,
tidak semua guru mampu membuat perangkat pembelajaran membaca sesuai
dengan yang diharapkan sehingga peserta didik sulit memahami isi bacaan secara
utuh. Mengatasi hal itu, perlu dicarikan solusi berupa pengembangan perangkat
pembelajaran membaca di SD yang berorientasi strategi DRTA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran membaca berorientasi
strategi DRTA di kelas VI SD berupa silabus, RPP, dan bahan ajar yang valid,
praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model
4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Akan tetapi, tahap disseminate
(penyebaran) hanya dilakukan dalam skala terbatas. Rancangan yang telah
didesain, divalidasi oleh 3 orang ahli dan 3 orang praktisi pendidikan kemudian
diuji coba secara terbatas di kelas VI SD Negeri 10 Lembah Melintang untuk
mengetahui praktikalitas dan efektivitas perangkat yang dikembangkan.
Dari hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh tingkat validitas
perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan bahan ajar) masuk pada kategori
sangat valid. Berdasarkan ujicoba terbatas, diketahui bahwa tingkat praktikalitas
berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP,
respon peserta didik dan guru, dan hasil wawancara dengan guru. Selanjutnya,
dari hasil aktivitas peserta didik dan perolehan nilai keterampilan membaca,
perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sudah efektif
penggunaannya dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
perangkat pembelajaran membaca berorientasi strategi DRTA telah dinyatakan
valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 13 Apr 2025 05:36
Last Modified: 13 Apr 2025 05:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item
View Item