Hadi, Fahli Zatra (2013) Pemahaman Konselor Sekolah tentang Tugas Perkembangan Siswa dan Layanan yang Diberikan, Suatu Studi di Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FAHLI_ZATRA_HADI-19154_11721_2013.pdf [thumbnail of B1_1_FAHLI_ZATRA_HADI-19154_11721_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FAHLI_ZATRA_HADI-19154_11721_2013.pdf
Download (218kB)
Abstract
Layanan bimbingan dan konseling bertujuan agar siswa dapat mewujudkan
diri sebagai pribadi mandiri, bertanggung jawab, siswa yang kreatif dan pekerja
produktif. Untuk itu pemahaman konselor terhadap tugas perkembangan siswa
dan layanan yang diberikan sangat di perlukan agar konselor dapat menciptakan
dan mengembangkan interaksi yang membantu siswa untuk mengaktualisasikan
potensi secara optimal, mengembangkan pribadi yang utuh dan sehat, serta
menampilkan perilaku efektif, kreatif, produktif dan adjusted.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemahaman yang konselor
tentang tugas perkembangan siswa dengan layanan yang berlandaskan tugas
perkembangan siswa, di mana pemahaman konselor merupakan variabel Y dan
tugas perkembangan Siswa sebagai variable X, sedangkan layanan yang diberikan
merupakan variabel tunggal yang dianalisis secara deskriptif. Pengambilan data
penelitian dilakukan melalui penyebaran angket kepada 37 konselor sekolah di
musyawarah guru bimbingan dan konseling SMAN se-kota Pekanbaru.
Perhitungan validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment
menunjukkan bahwa 35 butir pernyataan valid dan reliabilitas menggunakan
rumus Cronbach’s Alpha menghasilkan angka lebih besar dari 0,6, pengukuran
validitas ini dilakukan dengan menggunakan program statistik SPSS versi 15.
Hasil analisis pemahaman konselor tentang tugas perkembangan siswa
SMAN Kota Pekanbaru menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari hasil
analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan konselor sekolah rata-rata
memahami tugas dan tanggungjawabnya sebagai konselor sekolah dengan
memberikan layanan berdasarkan tugas perkembangan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada konselor sekolah
untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja, membimbing siswa berdasarkan
tugas perkembangannya dan kepada instansi sekolah di Pekanbaru agar dapat
memberikan fasilitas baik secara fisik maupun kegiatan non fisik seperti seminar
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 13 Apr 2025 05:36 |
Last Modified: | 13 Apr 2025 05:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5411 |