Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay

Fadillah, Annisa (2020) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Dengan Model Pembelajaran Course Review Horay. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FADILLAH_ANNISA_18124071_1793_2020.pdf] Text
B1_1_FADILLAH_ANNISA_18124071_1793_2020.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlaksananya pembelajaran yang
konkret dan efektif berdasarkan kurikulum 2013 serta pemilihan model
pembelajaran yang belum sesuai dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan mana yang lebih baik hasil belajar matematika siswa yang
menggunakan model pembelajaran Index Card Match dibandingkan dengan yang
menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada siswa kelas V SD
Negeri 21 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri
21 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman yang terdiri dari dua kelas yaitu
kelas VA dan VB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
Sampling Jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa
kelas VA dan VB SDN 21 Lubuk Alung. Data yang dianalisis dalam penelitian ini
adalah skor nilai akhir Matematika ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I lebih
besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen II, terlihat dari hasil
uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung lebih besar dari t(0,95;44), maka
hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course
Review Horay lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match. Untuk itu
disarankan pada guru kelas saat belajar Matematika untuk dapat menerapkan
model pembelajaran kooeratif tipe Course Review Horay dan model pembelajaran
Index Card Match dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, COURSE REVIE HORAY, INDEX CARD MATCH, HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 13 Apr 2025 05:35
Last Modified: 13 Apr 2025 05:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item
View Item