Pengembangan Local Instructional Theory Topik Pecahan Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar

Elwijaya, Fadiah (2021) Pengembangan Local Instructional Theory Topik Pecahan Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FADIAH_ELWIJAYA_20124010_1491_2022.pdf] Text
B1_1_FADIAH_ELWIJAYA_20124010_1491_2022.pdf

Download (829kB)

Abstract

Pecahan menjadi materi yang cukup sulit bagi siswa. Pembelajaran
pecahan di Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional, sehingga
siswa tidak memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan
penyebut berbeda dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local
Instructional Theory (LIT) topik pecahan berbasis RME untuk memberi
pemahaman tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut
berbeda serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(development research approach) model pengembangan Plomp yang terdiri dari
tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pengembangan
atau pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan fase
penilaian (assessment phase). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
SDN 19 dan 31 Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Data
penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi dan catatan lapangan. Data
dianalisis secara deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan LIT topik pecahan berbasis pendekatan RME
yang dikembangkan dalam bentuk alur belajar yang memuat tujuan
pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban siswa yang diimplementasikan
melalui RPP dan LKPD. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT yang valid
sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, praktis dengan kriteria sangat
praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan
dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk topik penjumlahan dan
pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda, yaitu: penjumlahan pecahan
biasa, penjumlahan pecahan campuran, penjumlahan pecahan desimal,
pengurangan pecahan biasa, pengurangan pecahan campuran, dan pengurangan
pecahan desimal.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 13 Apr 2025 03:43
Last Modified: 13 Apr 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5404

Actions (login required)

View Item
View Item