Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Literasi pada Tema Ekosistem Menggunakan Microsoft Sway untuk Kelas V Sekolah Dasar.

Fadhli, Fadhli (2021) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Literasi pada Tema Ekosistem Menggunakan Microsoft Sway untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FADHLI_18124070_2945_2021.pdf] Text
B1_1_FADHLI_18124070_2945_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku ajar tematik terpadu yang dikembangbangkan oleh pemerintah dan
menjadi sumber belajar bagi siswa SD sudah mempunyai ciri pembelajaran literasi.
Namun penggunaannya untuk belajar daring kurang efektif. Oleh karena itu perlu
dikembangkan suatu bahan ajar yang menggunakan program/media online dimana
bisa menjadi sumber bacaan sekaligus sebagai tempat mengerjakan latihan
sehingga siswa dan guru tidak perlu menyimpan tugas-tugas di dalam hp karena
sudah tersimpan secara online di server pemilik program.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan
Borg and Galls. Metode evaluasi yang digunakan mengacu pada rancangan evaluasi
formatif yang terdiri atas tinjauan ahli dan evaluasi kelompok kecil. Data validitas
dikumpulkan melalui kegiatan validasi bahan ajar oleh 5 orang ahli dan dianalisis
dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data praktikalitas dikumpulkan melalui
observasi pelaksanaan pembelajaran, dan pengisian angket oleh guru dan siswa.
Data efektivitas dikumpulkan melalui observasi aktivitas dan tes. Data hasil
observasi dan angket yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data
hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji t.
Bahan ajar tematik terpadu tema 5 subtema 1 untuk kelas V SD yang
dikembangkan sudah sesuai dengan kurikulum 2013 dengan mengupayakan
penyajian materi menarik dan mudah dipahami. Bahan ajar ini disajikan dengan
pendekatan literasi sehingga siswa menjadi mampu mengakses, memahami dan
menggunakan sesuatu secara cerdas melalui aktifitas membaca, melihat,
menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Bahan ajar ini dibuat menggunakan
aplikasi microsoft sway dan dilengkapi dengan aplikasi untuk berdiskusi
(jamboard) dan mengerjakan latihan soal (microsoft form). Hasil analisis validitas
bahan ajar dilihat dari validitas isi dan konstruk diperoleh kategori valid. Artinya
dari segi relevansi materi yang disajikan dalam bahan ajar sudah sesuai dengan
materi yang harus dipelajari siswa untuk mencapai pembelajaran. dari segi
konsistensi materi yang disajikan pada bahan ajar dapat mengarahkan siswa dalam
mencapai kompetensi yang diharapkan. Hasil analisis praktikalitas bahan ajar
menunjukkan bahan ajar tersebut sudah praktis digunakan dalam pembelajaran.
Hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan. Dapat dikatakan bahwa bahan ajar tematik terpadu
berbasis literasi menggunakan microsoft sway yang dikembangkan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 13 Apr 2025 03:43
Last Modified: 13 Apr 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5403

Actions (login required)

View Item
View Item