Riyandanita, Ezra (2019) Kontribusi Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dan Motivasi Berperestasi terhadap Kompetensi Profesional Guru di SD Yayasan Prayoga Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_EZRA_RIYANDANITA_16147005_6086_2019.pdf [thumbnail of B1_1_EZRA_RIYANDANITA_16147005_6086_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_EZRA_RIYANDANITA_16147005_6086_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa kompetensi
profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang. Peneliti menduga pelaksanaan
supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi
terhadap kompetensi profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang, oleh
karena itu perlu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi pelaksanaan
supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi
terhadap kompetensi profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang. Hipotesis
yang di uji dalam penelitian ini adalah : 1) pelaksanaan supervisi akademik oleh
Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, 2) motivasi
berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional, 3) pelaksanaan
supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi
terhadap kompetensi profesional guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Yayasan Prayoga
Padang. Jumlah populasi sebanyak 101 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 58
orang yang dipilih menggunakan stratified proporsional random sampling. Data
dikumpulkan menggunakan angket model skala likert yang telah diuji kesahihan
dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan supervisi akademik
oleh Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar
28,9% ; 2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional
sebesar 30,4%; 3) pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan
motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar
34,3%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terlihat bahwa pelaksanaan supervisi
akademik oleh Kepala Sekolah berada pada kategori baik, kompetensi
profesional berada pada kategori baik
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 13 Apr 2025 03:42 |
Last Modified: | 13 Apr 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5401 |