Saputri, Popi (2020) Meningkatkan Keterampilan Membuat Bantal Karakter Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD Pada Anak Tunagrahita kategori Ringan Kelas X/C (Classroom Action Research di SLB N 1 Pariaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_POPI_SAPUTRI_15003023_1129_2020.pdf [thumbnail of B1_02_POPI_SAPUTRI_15003023_1129_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_POPI_SAPUTRI_15003023_1129_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di kelas X/C tunagrahita ringan di SLB N 1 Pariaman pada bulan Oktober 2019. Pembelajaran keterampilan membuat Bantal Karakter pada anak tunagrahita ringan, terlihat proses kerja anak masih kurang baik dan benar, serta belum terjalin kerjasama yang baik dalam proses pembuatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah pendekatan cooperative learning tipe STAD
dapat meningkatkan keterampilan membuat Bantal Karakter pada anak tunagrahita ringan, serta mendeskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membuat Bantal Karakter melalui pendekatan cooperative learning tipe STAD kelas X/C di SLB N 1 Pariaman Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom
action research), yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Sebagai subjek penelitian empat orang anak tunagrahita ringan kelas X/C dan satu orang guru kelas. Data diperoleh melalui observasi, dan tes perbuatan.
kemudian dianalisis secara kulitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama delapan kali pertemuan menunjukan bahwa kemampuan awal sebelum perlakuan membuat bantal karakter oleh DW 43%, YD 34%, LT 31% dan SR 41%. Sedangkan pada akhir siklus I
kemampuan DW meningkat (49%), YD (37%), LT (35%) dan SR (45%). Pada siklus II kemampuan DW meningkat menjadi (87%), YD (74%), LT (72%) dan SR (86%). Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan membuat Bantal karakter pada anak tunagrahita ringan kelas XI di SLB N 1 pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Apr 2025 03:42 |
Last Modified: | 13 Apr 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5400 |