Wermi, Etri (2014) Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Audio dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar (Eksperimen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMAN 10 Kota Pekanbaru). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ETRI_WERNI_1109841_1065_2014.pdf [thumbnail of B1_1_ETRI_WERNI_1109841_1065_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ETRI_WERNI_1109841_1065_2014.pdf
Download (657kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan media
audio dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa melalui empat rumusan
masalah: (1) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan
menggunakan media audio lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan
konvensional, (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang mempunyai
pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan media audio lebih tinggi daripada
siswa mempunyai pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan konvensional, (3)
Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang mempunyai pengetahuan awal rendah
yang diajar dengan media audio lebih tinggi daripada siswa mempunyai
pengetahuan awal rendah yang diajar dengan konvensional, dan (4) Interaksi
antara penggunaan media dan pengetahuan awal dengan hasil belajar Bahasa
Indonesia siswa.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian
faktorial 2x2, control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10
Pekanbaru semester Genap Tahun 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik
Purposive random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes awal dan
tes akhir. Data dianalisis dengan analisis varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang belajar
menggunakan media audio memperoleh hasil belajar Bahasa Indonesia yang lebih
tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan media konvensional, (2)
Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi
yang belajar dengan pembelajaran menggunakan media audio lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa belajar den4-gan konvensional, (3) Hasil Belajar
Bahasa Indonesia siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang belajar
dengan pembelajaran menggunakan media audio lebih tinggi daripada hasil
belajar siswa belajar dengan konvensional, (4) Tidak terdapat interaksi antara
media dengan pengetahuan awal dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Dapat
disimpulkan bahwa media audio berpengaruh secara signifikan terhadap hasil
belajar siswa. Siswa yang mempunyai pengetahuan awal rendah sebaiknya
menggunakan media sederhana untuk mendapatkan hasil belajar maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 13 Apr 2025 03:42 |
Last Modified: | 13 Apr 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5394 |