Mardeni, Eti (2012) Konstribusi Disiplin Kerja dan Iklim Kerjasama terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ETI_MARDENI_19664_5862_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ETI_MARDENI_19664_5862_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ETI_MARDENI_19664_5862_2012.pdf
Download (163kB)
Abstract
Kinerja Guru memegang peranan penting dalam rangka pencapaian
pelaksanaan tujuan pendidikan. Berdasarkan pengamatan di lapangan peneliti
melihat bahwa kinerja guru SD di kecamatan Bayang masih rendah. Peneliti
menduga bahwa rendahnya kinerja guru disebabkan oleh rendahnya disiplin kerja
dan iklim kerjasama. Kedua variable ini diyakini sangat menentukan kinerja guru
pada SD di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah ada kedua factor
disiplin kerja dan iklim kerjasama berkontribusi terhadap kinerja guru SD negeri
di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis yang di ajukan dalam
penelitian adalah; 1) disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru, 2) iklim
kerjasama berkontribusi terhadap kinerja guru, 3) disiplin kerja dan iklim
kerjasama secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD negeri yang berstatus
pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di wilayah Kecamatan Bayang Kabupaten
Pesisir Selatan sebanyak 315 orang. Sampel penelitian sebanyak 65 orang diambil
dengan menggunakan teknik Stratified proportional random sampling. Instrumen
yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket model skala likert . Untuk
menguji hipotesis di gunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukan bahwa disiplin kerja berkontribusi terhadap
kinerja guru sebesar 29,6 %. Iklim kerjasama berkontribusi terhadap kinerja guru
sebesar 19,8 %. Disiplin kerja dan iklim kerjasama secara bersama sama
memberikan kontribusi sebesar 45,7 % terhadap kinerja guru SD negeri di
Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sementara tingkat pencapaian skor
untuk variable kinerja guru sebesar 84,84 % berada pada kategori baik, variable
disiplin kerja sebesar 78,84 % berada pada kategori cukup dan variable iklim
kerjasama sebesar 84,84 % berada pada kategori baik. Disimpulkan bahwa
disiplin kerja dan iklim kerjasama merupakan dua factor yang berkontribusi
terhadap kinerja guru, disamping factor lain yang tidak bisa di abaikan
Implikasi hasil penelitian ini adalah peningkatan kinerja guru SD negeri di
Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dapat ditingkatkan melalui disiplin
kerja dan iklim kerjasama. Upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan
disiplin kerja dan iklim kerjasama adalah dengan mengikuti, menaati peraturan,
adanya rasa kesadaran dan tanggung jawab terhadap tugas yang di emban dan
ciptakan suasana kerjasama yang kondusif di sekolah yang ditandai dengan
munculnya sikap saling terbuka, saling percaya, dan mendahulukan kepentingan
bersama. Dengan komunikasi yang baik akan tercipta kerja sama yang baik pula
sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 13 Apr 2025 03:41 |
Last Modified: | 13 Apr 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5393 |