Pengaruh Bimbingan Kegiatan Kelompok Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SD Pembangunan Laboratorium UNP dan SD N 09 Air Tawar Kota Padang)

Afdal, Afdal (2010) Pengaruh Bimbingan Kegiatan Kelompok Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SD Pembangunan Laboratorium UNP dan SD N 09 Air Tawar Kota Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AFDAL_10675_6013_2012.pdf] Text
B1_1_AFDAL_10675_6013_2012.pdf

Download (190kB)

Abstract

Guru kelas yang berperan sebagai konselor di kelas yang menjadi tanggung
jawabnya memiliki peranan yang penting dalam pelaksanaan layanan konseling,
pelayanan yang diberikan diharapkan mampu mengentaskan permasalahan siswa,
termasuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu kegiatan yang dapat
dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui bimbingan
kegiatan kelompok belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan antara hasil belajar
siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kegiatan kelompok belajar.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Bimbingan kegiatan
kelompok belajar (KKB) yang dilakukan guru kelas berpengaruh untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika”.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan kategori The Static Group
Comparision Design, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Pembangunan
Laboratorium UNP Padang (Kelompok Eksperimen) dan siswa kelas V SD N 09
Air Tawar Padang (Kelompok Kontrol) yang diambil dari subjek yang homogen.
Insturmen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang disusun guru kelas dengan
memperhatikan standar kompetensi mata pelajaran Matematika siswa SD kelas V
semester II. Teknik analisis data menggunakan teknik t test
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diungkapkan dapat diterima.
Untuk itu disarankan kepada guru kelas untuk tetap melaksanakan bimbingan
kegiatan kelompok belajar secara efektif dan sekolah dapat memprogramkannya
untuk peningkatan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2025 00:53
Last Modified: 13 Apr 2025 00:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item
View Item