Adrizal, Adrizal (2017) Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Negeri 01 Ladang Cakiah Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ADRIZAL_15155014_5669_2019.pdf [thumbnail of B1_1_ADRIZAL_15155014_5669_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ADRIZAL_15155014_5669_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran
kooperaif tipe TGT dan pengetahuan awal siswa terhadap penguasaan kosa kata
siswa. Empat hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah, pertama
penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa yang belajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. Kedua
siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi belajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. Ketiga
siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah belajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. Ke Empat
terdapat Interaksi antara pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan
pengetahuan awal siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi ekperimen dengan
disain penelitian faktorial 2 x 2 tipe posttest only. Penelitian ini dilakukan di SDN
01 Ladang Cakiah dikumpulkan dengan melalui pretes dan postes. Data dianalisis
dengan uji t.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas III di Sekolah Dasar
Negeri Nomor 01 Ladang Cakiah Bukittinggi yang berjumlah 30 orang siswa.
Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yaitu mengambil
sampel secara keseluruhan dari populasi. Setelah dilakukan uji homogenitas,
maka ditetapkan kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai
kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain
penelitian factorial design.
Hasil analisis data mengungkapkan bahwa: a penguasaan kosa kata bahasa
Inggris siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih
tinggi daripada konvensional. b. siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi
belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada
konvensional. c. siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah belajar dengan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada konvensional. d.
terdapat Interaksi antara pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan
pengetahuan awal siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran
kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris
siswa dan mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran.
Dalam hal ini dituntut kemampuan guru dalam mengembangkan kreativitasnya
dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 13 Apr 2025 00:53 |
Last Modified: | 13 Apr 2025 00:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5382 |