Disiplin Kerja Guru Ditinjau dari Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pasaman Barat

Adriwilza, Adriwilza (2012) Disiplin Kerja Guru Ditinjau dari Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pasaman Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ADRIWILZA_82171_3779_2012.pdf] Text
B1_1_ADRIWILZA_82171_3779_2012.pdf

Download (212kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, peneliti menemukan bahwa
disiplin kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pasaman Barat relatif
rendah. Hal ini dikhawatirkan akan berdampak terhadap proses pembelajaran di
sekolah. Peneliti menduga rendahnya disiplin kerja guru tersebut antara lain
disebabkan oleh faktor motivasi kerja dan supervisi akademik dari pengawas.
Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mencari kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi
motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap disiplin kerja guru. Hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) motivasi kerja berkontribusi
terhadap disiplin kerja guru madrasah aliyah negeri, (2) supervisi akademik
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru madrasah aliyah negeri, dan (3)
motivasi kerja dan supervisi akademik secara bersama-sama berkontribusi
terhadap disiplin kerja guru madrasah aliyah negeri.
Populasi penelitian ini adalah semua guru yang berstatus pegawai negeri
sipil (PNS) di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Pasaman Barat yang
berjumlah 133 orang. Sampel sebanyak 67 orang diambil dengan menggunakan
teknik stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner yang telah teruji kehandalan dan kesahihannya. Hipotesis
pertama dan kedua masing-masing diuji dengan teknik korelasi dan regresi
sederhana, sedangkan hipotesis ketiga dengan teknik korelasi dan regresi ganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Kerja berkontribusi
sebesar 21,8% terhadap Disiplin Kerja Guru, (2) Supervisi Akademik
berkontribusi sebesar 14,3% terhadap Disiplin Kerja Guru, dan (3) Motivasi Kerja
dan Supervisi Akademik secara bersama-sama berkontribusi sebesar 30,8%
terhadap Disiplin Kerja Guru. Selain itu, diperoleh tingkat capaian responden
untuk variabel Disiplin Kerja Guru (Y) sebesar 74,76%, variabel Motivasi Kerja
(X1) sebesar 72,89%, dan variabel Supervisi Akademik (X2) sebesar 74,1%.
Motivasi kerja dan supervisi akademik adalah dua faktor penting yang
dapat meningkatkan disiplin kerja guru Madrasah Aliyah Negeri, di samping
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 13 Apr 2025 00:53
Last Modified: 13 Apr 2025 00:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item
View Item