Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang

Hizati, Amirah (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AMIRAH_HIZATI_1416_14016095_2018.pdf] Text
B1_01_AMIRAH_HIZATI_1416_14016095_2018.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendsekripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri. Ketiga, menganalisis pengaruh model problem based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah the one group pretes-posttest design (satu kelompok subjek). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 264 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 32 orang, tetapi yang dijadikan data penelitian berjumlah 31 orang karena 1 orang sakit. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri data dianalisis dengan rumus persentase , rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil pretest dan postest keterampilan menulis teks eksplanasi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, pretest keterampilan menulis teks eksplanasi siswa berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 69,62. Kedua, postest keterampilan menulis teks eksplanasi siswa berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,27. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model problem based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang.
Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata menulis teks eksplanasi terlihat penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Oleh karena itu, disimpulkan penggunaan model problem based learning berbantuan media gambar berseri memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:39
Last Modified: 11 Apr 2025 09:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item
View Item