Kontribusi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kepemimpinan Trasformasional Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru PAUD Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Bestrin, Adriana (2013) Kontribusi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kepemimpinan Trasformasional Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru PAUD Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ADRIANA_BESTRINI_59907_3093_2013.pdf] Text
B1_1_ADRIANA_BESTRINI_59907_3093_2013.pdf

Download (406kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi secara umum dan survei awal di lapangan,
pelaksanaan tugas guru PAUD di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir
Selatan terkesan belum baik. Apabila keadaan ini dibiarkan tentu akan berdampak
terhadap peningkatan mutu pendidikan. Setelah diprediksi, kondisi tersebut
disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor kompetensi pedagogik dan
kepemimpinan trasformasional kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan dan menganalisis seberapa besar (1) kontribusi kompetensi
pedagogik terhadap pelaksanaan tugas guru, (2) kontribusi kepemimpinan
transformasional kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru dan (3)
kontribusi kompetensi pedagogik dan kepemimpinan trasformasional kepala
sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru guru PAUD di Kecamatan Koto XI
Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan baik secara sendiri-sendiri maupun secara
bersama-sama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah
seluruh guru PAUD di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
berjumlah 189 orang, sedangkan sampel berjumlah 125 orang yang ditetapkan
dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dan strata yang
digunakan adalah strata sertifikasi pendidik dan masa kerja. Data diperoleh
dengan menggunakan angket skala likert yang telah diuji kesahihan dan
keandalannya.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik
berkontribusi cukup signifikan terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 19,2%.
(2) kepemimpinan trasformasional kepala sekolah secara signifikan sebesar 8,2%,
sedangkan (3) kompetensi pedagogik dan kepemimpinan trasformasional kepala
sekolah secara bersama-sama berkontribusi sebesar 24%. Analisis data tesebut,
telah menunjukkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris. Dari
hasil temuan dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan kepemimpinan
trasformasional kepala sekolah merupakan dua variabel bebas yang berdampak
positif terhadap variabel terikat pelaksanaan tugas guru guru. Untuk
meningkatkan pelaksanaan tugas guru guru PAUD di Kecamatan Koto XI
Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan perlu ditingkatkan melalui kompetensi
pedagogik dan kepemimpinan trasformasional kepala sekolah secara baik dan
bertanggung jawab

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2025 09:38
Last Modified: 11 Apr 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item
View Item