Adnan, Adnan (2012) Proses Pembelajaran Agama Islam di SD Negeri 034 Taraibangun. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ADNAN_82328_3139_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ADNAN_82328_3139_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ADNAN_82328_3139_2012.pdf
Download (187kB)
Abstract
Pembelajaran Agama memerlukan pembangunan kesadaran siswa agar
berprilaku sesuai dengan nilai-nilai keagamaan melalui proses pembelajaran
dalam aspek kesadaran moral. Dalam kenyataannya, proses pembelajaran Agama
yang seharusnya bermuara pada perkembangan aspek afektif siswa, malah lebih
fokus pada pengajaran aspek kognitif siswa melalui strategi ekspositori yang
dibuat sama dengan pembelajaran mata pelajaran lainnya. Berkenaan dengan
proses pembelajaran Agama Islam di SDN 034 Taraibangun tersebut, maka ada
tiga hal yang peneliti amati, yaitu: proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran
serta prilaku guru dalam kaitannya dengan pemberian keteladanan kepada siswa.
Untuk mengungkap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
sebagai latar penelitian, maka pendekatan yang dilakukan peneliti adalah
pendekatan kualitatif. Dengan demikian peneliti mengumpulkan data dengan cara
terlibat langsung, melihat kondisi reel di lapangan dalam situasi yang
sesungguhnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi,
wawancara dan studi dokumentasi yang informannya terdiri dari guru mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, guru lainnya dan siswa SD
Negeri 034 Taraibangun.
Berdasarkan hasil temuan peneliti tentang proses pembelajaran mata
pelajaran agama Islam di SDN 034 Taraibangun dapat disimpulkan bahwasanya
proses pembelajaran agama Islam tersebut belum sepenuhnya berjalan efektif, hal
ini disebabkan karena guru lebih banyak mengajar dari pada membelajarkan
siswa. Adapun bentuk evaluasi yang dilakukan oleh guru-guru agama Islam lebih
banyak melakukan model-model evaluasi acuan norma/kelompok dan evaluasi
acuan patokan, belum sampai pada aspek aplikatif materi tersebut. Di samping itu,
guru mata pelajaran agama Islam kurang dapat memberikan keteladanan, baik
dalam mengajar maupun di luar jam mengajar.
Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 034 Taraibangun lebih
fokus pada mengajar (teaching) dari pada membelajarkan (learning)
siswa. Dengan adanya temuan penelitian ini diharapkan guru pendidikan agama
agar lebih banyak membelajarkan siswa untuk pencapaian tujuan pendidikan
agama secara komprehensip
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 08:50 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 22:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5364 |