Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Penuh Kerinci,

Sumantri, Adli (2014) Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Penuh Kerinci,. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ADLI_SUMANTRI_1104014_1172_2014.pdf] Text
B1_1_ADLI_SUMANTRI_1104014_1172_2014.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of B1_1_ADLI_SUMANTRI_1104014_1172_2014.pdf] Text
B1_1_ADLI_SUMANTRI_1104014_1172_2014.pdf

Download (662kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Negeri
1 Sungai Penuh Kerinci masih kurang optimal. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru, baik pra pembelajaran, kegiatan inti, dan menutup pelajaran.
Penelitian dilakukan terhadap pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada SMAN 1
Sungai Penuh Kerinci, dengan tujuan untuk menjelaskan tentang kompetensi pedagogik
guru bahasa Indonesia di SMAN 1 Sungai Penuh Kerinci, yang meliputi pelaksanaan
pembelajaran bahasa Indonesia mulai dari pra pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran,
penggunaan strategi, hingga penutup pembelajaran di SMA N 1 Sungai Penuh Kerinci.
Penelitian dilaksanakan pada kelas XI dan kelas XII. Adapun guru yang menjadi
objek peneliti ada 3 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat studi
kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) guru Bahasa Indonesia dalam pelaksanaan
proses pembelajaran sudah dikategorikan baik 2) guru sudah mampu merancang dan
melaksanakan evaluasi, memahami prinsip evaluasi, menyusun instrumen, mengolah
hasil evaluasi pembelajaran, menganalisis untuk perbaikan instrumen evaluasi
pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru bahasa
Indonesia Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Penuh Kerinci berperan besar
terhadap pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran. Dengan demikian diperlukan
upaya nyata dari kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik
bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Upaya ini dapat
dilakukan dengan melaksanakan supervisi pengajaran yang baik, pembinaan, pelatihan
keteladanan dan upaya lainya sehingga guru dapat bekerja dengan lebih baik lagi dalam
membelajarkan peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2025 07:24
Last Modified: 11 Apr 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5309

Actions (login required)

View Item
View Item