Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Busy Book bagi Anak Tunagrahita Ringan

Hartati, Peby Tri (2021) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Busy Book bagi Anak Tunagrahita Ringan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_PEBY_TRI_HARTATI_1984_17003025_2021.pdf] Text
B1_02_PEBY_TRI_HARTATI_1984_17003025_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas I/C yaitu terdapat seorang anak tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 dengan menggunakan media busy book. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini, yaitu anak tunagrahita ringan di kelas I/C SLBN 1 Painan. Variabel penelitian meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5. Teknik dalam
pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 meningkat setelah menggunakan media busy book pada anak tunagrahita ringan. Dibuktikan dengan adannya peningkatan kemampuan mengenal lambang
bilangan dari kondisi baseline ke kondisi setelah diberikan intervensi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:03
Last Modified: 11 Apr 2025 04:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item
View Item