Afniati, Dina (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Sejarah Kelas VIII SMP N 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DINA_AFNIATI_89235_1032_2013.pdf [thumbnail of B1_2_DINA_AFNIATI_89235_1032_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DINA_AFNIATI_89235_1032_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya pada materi sejarah dan rendahnya kemampuan siswa menginterpretasikan fakta sejarah, disebabkan berbagai faktor salah satunya proses pembelajaran IPS materi sejarah masih berupa penyampaian informasi yang menjadikan peserta didik hanya mampu mengingat. Salah satu tujuan dari pembelajaran IPS untuk melatih peserta didik memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan menginterpretasikan fakta sejarah adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberi masukan bagi guru mata pelajaran IPS untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Setelah dilakukan penelitian didapat bahwa hasil belajar menginterpretasikan fakta sejarah tentang materi perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkan diberbagai daerah. rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis data berupa uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh thitung = 2,27 dan ttabel 1,67. Oleh karena thitung ttabel, maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square berpengaruh secara nyata/signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam menginterpretasikan fakta pada mata pelajaran IPS materi sejarah kelas VIII SMP N 1 Sintuk Toboh Gadang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq), HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5301 |