Febriyanti, Adek (2019) Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ADEK_FEBRIYANTI_17147002_5931_2019.pdf [thumbnail of B1_1_ADEK_FEBRIYANTI_17147002_5931_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ADEK_FEBRIYANTI_17147002_5931_2019.pdf
Download (834kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dilapangan, menunjukkan adanya indikasi masih
belum efesiennya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah pada SMP Negeri
Kota Padang Panjang. Peneliti menduga bahwa kepemimpinan transformasional
kepala sekolah dan peran komite sekolah memiliki kontribusi dalam pelaksanaan
manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Oleh karena
itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Kontribusi
kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pelaksanaan manajemen
berbasis sekolah di SMP Negeri Kota Padang Panjang, 2) Kontribusi peran komite
sekolah terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kota
Padang Panjang, 3) Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah
dan peran komite sekolah terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di
SMP Negeri Kota Padang Panjang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional dengan populasi berjumlah 233 orang guru. Penarikan sampel dengan
menggunakan metode Stratified Proporsional Random Sampling, berjumlah 78
orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menemui subjek
penelitian. Teknik Analisis Data diolah dengan menggunakan teknik korelasi dan
regresi bantuan program SPSS versi 20.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kontribusi kepemimpinan
transformasional kepala sekolah pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di
SMP Negeri Kota Padang Panjang sebesar 10,7%. 2) Kontribusi peran komite
sekolah terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kota
Padang Panjang sebesar 11,4 %. 3) Kontribusi kepemimpinan transformasional
kepala sekolah dan peran komite sekolah secara bersama-sama berkontribusi
terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kota Padang
Panjang sebesar 16,6%.
Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan pelaksanaan manajemen
berbasis sekolah dengan baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan peran komite sekolah. Oleh
sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar memperhatikan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan peran komite sekolah agar
pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kota Padang Panjang
meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5299 |