Awlawi, Addahri Hafidz (2013) Pengaruh Teknik Bermain Peran pada Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa (Studi Eksperimen di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ADDAHRI_HAFIDZ_AWLAWI_1103669_1015_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ADDAHRI_HAFIDZ_AWLAWI_1103669_1015_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ADDAHRI_HAFIDZ_AWLAWI_1103669_1015_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Self esteem adalah kemampuan anak dalam menghargai dirinya
sendiri Harga diri yang tinggi akan membangkitkan rasa percaya diri,
penghargaan diri, rasa yakin akan kemampuan diri, rasa berguna serta rasa
bahwa kehadirannya diperlukan didalam dunia ini. Keyakinan itu akan
memotivasi remaja tersebut untuk sungguh-sungguh mencapai apa yang
diinginkan . Teknik Role Playing pada layanan bimbingan dan konseling
dapat digunakan untuk meningkatkan self esteem siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap pengaruh teknik bermain peran pada layanan
bimbingan kelompok dalam meningkatkan self esteem.
Penelitian eksperimental dengan rancangan pretest and posttest
control group design digunakan untuk menguji apakah teknik Role Playing
atau bermain peran pada layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan
self esteem menjadi lebih baik. Dua kelompok dipilih menggunakan
purposive sampling yaitu pada siswa kelas X SMAN 8 Kota Padang.
Masing-masing kelompok terdiri dari 10 siswa. Layanan bimbingan
kelompok dengan penerapan tekni bermain peran pada kelompok
eksperimen diadakan selama 8 kali pertemuan. Data tentang self esteem
dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan
menggunakan Wilcoxson Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two
Sampel dengan bantuan SPSS versi 17.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) kondisi self-esteem siswa
SMA 8 khususnya siswa ekperimen masih tergolong rendah(2) terdapat
perbedaan yang signifikan antara self esteem siswapada pretestdan posttest
siswa kelompok eksperimen. (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan
antara self esteem siswa pada pretest dan posttest siswa kelompok kontrol.
(4) terdapat perbedaan yang signifikan antara self esteem siswa pada
posttest kelompok kontrol dengan posttest kelompok eksperimen.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan
teknik bermain peran memiliki pengaruh ketika digunakan pada layanan
bimbingan kelompok untuk meningkatkan self esteem siswa. Penelitian ini
menunjukkan bahwa pentingnya teknik bermain peran pada layanan
bimbingan kelompok yang disertai dengan adanya pengawasan dari guru
dan konselor di sekolah, sehingga bisa meningkatkan self esteem siswa.
Perlu dilakukan penelitan yang serupa dengan penelitian ini dengan
dilatarbelakangi oleh konteks yang berbeda agar dapat membandingkan
temuan dari hasil penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5295 |