Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah

Mudinillah, Adam (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ADAM_MUDINILAH_17155001_6094_2019.pdf] Text
B1_1_ADAM_MUDINILAH_17155001_6094_2019.pdf

Download (578kB)

Abstract

Media pembelajaran interaktif yang digunakan di sekolah pada umumnya
masih kurang inovatif, hanya menggunakan media-media yang tersedia di
lingkungan sekolah, dan belum memanfaatkan teknologi. Media pembelajaran
belum menuntun siswa belajar secara mandiri. Untuk itu dikembangkan media
pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, sehingga
materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak
dicapai adalah menghasilkan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Lectora
Inspire yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang
digunakan adalah model 4-D, terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop
dan disseminate. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan
efetivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media. Data
kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa dan guru. Data
keefektifan dilihat dari pengamatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang
terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif menggunakan
aplikasi Lectora Inspire dalam pembelajaran Bahasa Arab yang dikembangkan telah
memenuhi kriteria valid dengan karakteristik isi media telah sesuai dengan
kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan pengoperasian media, bahasa
yang digunakan jelas, sederhana, ringkas, mudah dipahami,serta penyajiannya jelas
disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hasil pengamatan dan angket menunjukkan
bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki isi dan
tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya
Tarik serta minat siswa untuk belajar Bahasa Arab. Selain itu, media yang
dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dengan tingkat ketuntasan belajar 85,8%, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Lectora
Inspire yang dikembangkan untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah
dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:01
Last Modified: 11 Apr 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5293

Actions (login required)

View Item
View Item