The Effect of Using the Asia Parliamentary Debate in the Pre-Teaching Activity to Write A Hortatory Exposition Text of Grade XI Students at Diniyyah Puteri Padang Panjang

Hidayati, Wilda (2013) The Effect of Using the Asia Parliamentary Debate in the Pre-Teaching Activity to Write A Hortatory Exposition Text of Grade XI Students at Diniyyah Puteri Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WILDA_HIDAYATI_01586_6168_2013.pdf] Text
B1_3_WILDA_HIDAYATI_01586_6168_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan siswa kelas XI Diniyyah Puteri Padang Panjang dalammenulis masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurang beragamnya strategiyang digunakan dalam menyampaikan pelajaran oleh guru. Oleh sebab itupenerapan strategi yang bagus dan menarik sangat dibutuhkan untukmeningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menulis. Dalampenelitian ini, telah dicobakan menggunakan strategi debat Asia Parliamentarydalam menulis teks hortatory exposition. Penelitian ini bertujuan untuk melihatdampak penggunaan strategi ini terhadap kemampuan menulis siswa dalammenulis teks hortatory exposition.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen populasi dari penelitianini adalah siswa kelas XI Diniyyah Puteri Padang Panjang tahun pelajaran2012/2013 yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari duakelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas controldengan menggunakan teknik cluster sampling. Masing-masing kelas memilikijumlah siswa 17 orang, sehingga jumlah total sample keseluruhan adalah 34 orangsiswa. Instrument yang digunakan adalah writing test. Tes dilakukan sebanyakdua kali; pre-test dan posttest.Data dari penelitian ini berupa nilai writing test siswa dari keduakelompok sampel yang dianalisis secara statistik menggunakan rumus t-test.Ditemukan bahwa t-hitung sebesar 1,60 sedangkan t-tabel sebesar 1,31, yangberarti t-hitung > t-tabel pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil hitunganini, disimpulkan bahwa penggunaan strategi debat Asia Parliamentary dalampembelajaran dapat memberikan dampak yang lebih baik terhadap kemampuanmenulis siswa. Dengan kata lain, hasil penelitian ini mengemukakan hipotesisbahwa siswa yang diajar menggunakan strategi debate Asia Parliamentarymemiliki kemampuan menulis teks yang lebih baik dibandingkan dengan siswayang diajarkan menggunakkan teknik biasa yang digunakan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PARLIAMENTARY DEBATE, PRE-TEACHING ACTIVITY, WRITE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:00
Last Modified: 11 Apr 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5283

Actions (login required)

View Item
View Item