Peningkatan Hasil Belajar Menulis dengan Menggunakan Pendekatan Proses di Kelas III SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar

Suhasti, Abdeyeni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Menulis dengan Menggunakan Pendekatan Proses di Kelas III SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ABDEYENI_SUHASTI_11228_1774_2013.pdf] Text
B1_1_ABDEYENI_SUHASTI_11228_1774_2013.pdf

Download (891kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai
setiap orang. Menulis pada umumnya adalah suatu kegiatan penyampaian pesan
dengan menggunakan bahasa tulis. Untuk menulis sebuah tulisan, diperlukan
berbagai pengetahuan, baik berkaitan dengan isi, maupun berkaitan dengan
tekhnik atau cara. Berdasarkan prasurvey dan pengalaman sebagai guru
ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa kelas III SDN 11 Tanjung Pandai
Sikek tergolong rendah. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam
menggunakan huruf kapital, tanda baca, ejaan, menemukan gagasan dan
penyusunan kalimat. Sehingga perlu suatu strategi untuk membantu siswa.
Penggunaan Pendekatan Proses sangat membantu siswa dalam kegiatan menulis.
Dengan menerapkan Pendekatan Proses dapat membuat aktifitas berfikir siswa
terarah dengan baik
Penelitian ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis
siswa kelas III SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek dengan menggunakan
Pendekatan Proses. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek
Penelitian adalah Siswa kelas III SD Negeri 11 Tanjung yang berjumlah 20 orang.
Ada dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data kemampuan siswa dalam
menulis dan data pengamatan aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran
berlangsung dengan Pendekatan Proses
Penelitian ini mengungkapkan Pendekatan Proses dapat membantu siswa
dalam menyampaikan pesan. Siswa antusias dan termotivasi dalam belajar
sehingga kemampuan menulis siswa meningkat. Berdasarkan tindakan
pembelajaran yang dilakukan ditemukan peningkatan kemampuan menulis pada
tahap pramenulis berada pada kualifikasi baik, pada saatmenulis keberhasilan
pada kualifikasi baik, begitu juga dengan pascamenulis keberhasilan tindakan
berada pada kualifikasi baik. Siswa yang selama ini kesulitan dalam kegiatan
menulis ternyata dapat melakukan kegiatan menulis dengan baik. Guru yang
mengalami kesulitan seperti yang peneliti hadapi, dapat mencobakan
menyelesaikan masalah tersebut dengan Pendekatan Proses dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 10 Apr 2025 03:57
Last Modified: 10 Apr 2025 03:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item
View Item