Sequence of Picture: An Alternative Media in Teaching Writing Procedure Text to Junior High School Students.

Azurra, Rizky (2012) Sequence of Picture: An Alternative Media in Teaching Writing Procedure Text to Junior High School Students. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIZKY_ AZURRA_77152_2832_2012.pdf] Text
B1_3_RIZKY_ AZURRA_77152_2832_2012.pdf

Download (548kB)

Abstract

Memiliki kemampuan dalam menulis sebuah teks merupakan tuntunankurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teks prosedur merupakan salahsatu jenis teks yang dijadikan pembahasan untuk untuk pengajaran siswa kelassatu SMP. Teks prosedur merupakan teks yang berisikan tentang langkah-langkahuntuk melakukan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberi informasi ataupetunjuk kepada pembaca. Namun siswa mengalami kesulitan dalam memahamidan menulis prosedur teks. Salah satu penyebabnya adalah siswa mengalamikesulitan untuk mengembangkan dan mengurutkan ide-ide dalam menulis teksprosedur. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis membahas tentangpenggunaan sequence of picture sebagai media pengajaran dalam pembelajaranmenulis. Sequence of picture merupakan rangkaian gambar yang berurutan yangdijadikan sebagai petunjuk bagi siswa yang bertujuan untuk membantu siswadalam menulis teks prosedur. Sequence of picture diberikan pada tahap pramenulis. Kemudian guru menjelaskan langkah-langkah menulis teks prosedurberdasarkan sequence of picture. Setelah itu guru memberikan gambar yangberurutan dengan topik yang berbeda. Kemudian, siswa secara berkelompokdiminta untuk mengurutkan gambar-gambar tersebut kedalam urutan yang benar.Setelah selesai mengurutkan, guru menyuruh siswa membuat teks berdasarkangambar yang telah diurutkan. Setelah selesai menulis, guru menyuruh dua atautiga kelompok untuk menuliskan hasil kerja mereka di papan tulis danmegoreksinya. Di akhir pengajaran, guru menyimpulkan materi pembelajaran.Dengan penggunaan sequence of picture dan didukung oleh langkah-langkahpengajaran yang tepat, siswa dapat termotivasi dan dapat tercipta suasana belajaryang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA IN WRITING, WRITING PROCEDURE TEXT, WRITING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Apr 2025 03:12
Last Modified: 10 Apr 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item
View Item