An Analysis of Reading Materials Used by Teachers of Second Grade of Adabiah Senior High School.

Zain, Rahma Ramadhianti (2013) An Analysis of Reading Materials Used by Teachers of Second Grade of Adabiah Senior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAHMI_RAMADHIANTI_ZAIN_01596_6624_2013.pdf] Text
B1_3_RAHMI_RAMADHIANTI_ZAIN_01596_6624_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi materi ajar reading materialpelajaran bahasa inggris kelas 2 SMA di SMA Adabiah. Materi ajar readingdianalisis oleh peneliti menggunakan rubrik yang disarikan dari hasil penelitianpara ahli. Untuk mendukung hasil analisis dari peneliti, data responden digunakandalam penelitian ini. Responden dalam penelitian ini adalah siswa yangmenggunakan materi ajar, guru lain yang tidak menggunakan materi ajar, dandosen sebagai ahli yang menguasai prinsip pembuatan bahan ajar reading.Masalah dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan cukup sulitdipahami siswa dan kurang membantu pengajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah materi ajar reading yang digunakan guru sesuai dengankurikulum dari segi isi dan tipe bahasa serta tugas-tugas yang diberikan.. Aspekyang dievaluasi pada buku ini adalah aspek isi (content) dan tipe bahasa(language type) serta tugas (task).Desain penelitian ini yaitu penelitian evaluasi (evaluation research).Instrumen yang digunakan adalah rubrik dan kuesioner. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa materi ajar reading yang digunakan guru dari aspek isi,bahasa dan tugas yang diberikan sesuai dengan kurikulum. Namun, penelitian inijuga menemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki dari ketiga aspek diatas agarbahan ajar tersebut lebih efektif lagi untuk digunakan pada masa yang akandatang. Temuan tersebut diantaranya walau hasil temuan menunjukkan aspek isidan tipe bahasa sesuai dengan tuntutan kurikulum, tetapi masih banyak siswayang mengisi quesioner pada aspek isi dan tipe bahasa dengan point nol.Sedangkan pada aspek tugas-tugas yang diberikan belum mengarahkan siswauntuk menghasilkan produk, akan tetapi tugas-tugas yang diberikan masih sepertifill in the gap, comprehension question. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwamateri ajar reading yang digunakan guru sesuai dengan kurikulum, tapi masihbutuh peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ENGLISH TEACHING MATERIAL, READING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Apr 2025 01:10
Last Modified: 10 Apr 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5233

Actions (login required)

View Item
View Item