Saputra, Ryan Martha (2017) Efektivitas Metode Analisis Tugas dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Memakai Sepatu padaAnakAutis X (Single Subject Research diSLB Autisma YPPA Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_RYAN_MARTHA_SAPUTRA_1200328_3172_2017.pdf [thumbnail of B1_02_RYAN_MARTHA_SAPUTRA_1200328_3172_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_RYAN_MARTHA_SAPUTRA_1200328_3172_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dialami anak yaitu tidak bisa memakai sepatu velcro. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memakai sepatu velcro anak dengan menggunakan metode analisis tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A. Dimana kondisi A1 (baseline) adalah kondisi awal anak dalam memakai sepatu velcro, kondisi B (intervensi) dimana anak diberikan perlakuan melalui metode analisis tugas, kondisi A2 (baseline) setelah anak tidak lagi diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kemampuan memakai sepatu velcro saat kondisi baseline A1 kemampuan anak masih rendah, yakni anak memperoleh presentase pada rentang 13%-22%. Pada kondisi intervensi B kemampuan anak memakai sepatu velcro meningkat yakni sebesar 48%, pada baseline A2 presentase anak stabil pada 48%. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa metode analisis tugas dapat meningkatkan kemampuan memakai sepatu velcro anak autis di SLB Autisma YPPA Padang. Peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan metode analisis tugas dalam meningkatkan kemampuan bina diri terutama dalam memakai sepatu velcro.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE ANALISIS TUGAS |
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 00:32 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 00:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5229 |