Ayati, Oktrivia (2019) Meningkatkan Keterampilan membuat Herbarium Kering melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction bagi Anak Tunagrahita Kelas VIII di SLB Karya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_OKTRIVIA_AYATI_14003038_2019.pdf [thumbnail of B1_02_OKTRIVIA_AYATI_14003038_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_OKTRIVIA_AYATI_14003038_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan yang kurang memahami pembelajaran keterampilan yang diajarkan. Hal ini terlihat
dari setiap kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung. Selama ini guru kelas menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam pembuatan keterampilan
dan terkadang pembuatannya tidak semuanya dilakukan oleh anak. Anak hanya diminta untuk langsung mengerjakan apa yang menurut guru bisa dikerjakan oleh anak tanpa mengikuti langkah-langkah pembuatan keterampilan. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa model pembelajaran explicit instruction efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat herbarium kering bagi anak tunagrahita kelas VIII di SLB Karya Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan
guru kelas. Tindakan ini dilakukan kepada satu orang anak yang menjadi subjek penelitian yaitu anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Karya Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang dilaksanakan
empat kali pertemuan, pada pertemuan satu anak memperoleh hasil 43,3%, pertemuan kedua 53,3%, pertemuan ketiga 53,3%, dan pada pertemuan keempat anak mengalami peningkatan yaitu 66,7%.Pada siklus II juga dilakukan dalam empat kali pertemuan, pada pertemuan satu anak memperoleh hasil 70%, pertemuan kedua 80%, pertemuan ketiga 86,7% dan pada pertemuan keempat 86,7%. Dari hasil penelitian dan
analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan membuat herbarium kering bagi
anak tunagrahita kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 08:33 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5202 |