Pola Kepemimpinan Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi)

Ibrahim, Ibrahim (2018) Pola Kepemimpinan Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_IBRAHIM_11057_2575_2018.pdf] Text
B1_08_IBRAHIM_11057_2575_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis
kepemimpinan yang diterapkan kepala madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)
Kabupaten Merangin, mendiskripsikan dan menganalisis kepemimpinan berbasis
budaya di MTsN Kabupaten Merangin, mendiskripsikan dan menganalisis mutu
pendidikan di MTsN Kabupaten Merangin, mendiskripsikan dan menganalisis
Pola Kepemimpinan berbasis budaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di
MTsN Kabupaten Merangin.
Metodologi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan
penelitian ini adalah guru, Kepala Madrasah Tsanawiyah, wakil kepala, dan
pengawas sebagai informan kunci. Pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis
data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, display
data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan hasil temuan divalidasi dengan empat
standar validasi yang terdiri dari kredibilitas (Credibility), keteralihan
(Transferability), dapat diandalkan (dependability) dan dapat dikonfirmasikan
(comformability).
Hasil penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan yang diterapkan di MTs
Negeri Kabupaten Merangin sebahagian msih ada yang cenderung otoriter.
Supervisi terhadap tugas guru belum maksimal dilakukan oleh Kepala, (2)
Kepemimpinan berbasis budaya di MTs Negeri Kabupaten Merangin sudah
terlaksana tapi belum sepenuhnya, (3) Mutu pendidikan di MTsN Kabupaten
Merangin sudah menunjukkan kemajuan berdasarkan hasil penilaian Tim
Akreditasi diperoleh nilai: MTsN Bangko akreditasi A (amat Baik), MTsN
Pamenang Akreditasi B (Baik) dan MTsN 6 Merangin Akreditasi C (cukup), (4)
Kepemimpinan berbasis budaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu
belum semua madrasah menerapkan kepemimpinan berbasis budaya.
kepemimpinan yang diinginkan adalah kepemimpinan berbasis budaya, dimana
Semua guru di sekolah bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Semua putusan
diambil melalui musyawarah dan mufakat serta harus ditaati. Pemimpin
menghormati dan menghargai pendapat tiap-tiap guru. Pemimpin memberi
kesempatan kepada guru-guru untuk mengembangkan inisiatif dan daya
kreatifnya

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidikan Kepemimpinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 09 Apr 2025 04:24
Last Modified: 09 Apr 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item
View Item