Yustisia, Henny (2021) Pengembangan Model Program Pengalaman Lapangan Industri (PLI) berbasis Revolusi Industri 4.0. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_Henny Yustisia_17193004_4686_2021.pdf [thumbnail of B1_08_Henny Yustisia_17193004_4686_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_Henny Yustisia_17193004_4686_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan Model Program Praktek
Lapangan Industri (PLI) berbasis Revolusi Industri 4.0 Pada Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, 2) Menguji validitas, praktikalitas,
dan efektifitas model pengembangan program PLI berbasis Revolusi Industri 4.0
FT UNP, 3) Menghasilkan kompetensi PLI yang sesuai dengan RI 4.0 yaitu 4C:
Comunication, Collaboration, Critical Thingking and Problem Splving dan
Creativity and Innovation.
Penelitian ini termasuk Research and Development atau Educational Design
Research. Menurut Borg Penelitian dan Pengembangan (R&D) adalah proses
yang digunakan untuk mengembangkan produk pendidikan dan memvalidasi
produk. Pengembangan Model Program Pengalaman Lapangan Industri
menggunakan prosedur berdasarkan model pengembangan Four-D yang
dikemukakan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I.
Semmel. Proses validasi dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi internal dan
validasi eksternal Validasi internal dilakukan terhadap model dan komponenkomponen
model oleh pakar, yang terdiri dari pakar teknologi dan kejuruan, pakar
evaluasi dan pakar teknik sipil. Sedangkan validasi eksternal dilakukan dalam
bentuk uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, yang melibatkan 50 orang
mahasiswa, 10 orang supervisor dan 17 orang dosen pembimbing PLI. Analisis
data dilakukan dua tahap, yaitu pada tahap pengembangan dan uji coba. Analisis
pada tahap pengembangan model dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dan
analisis kuantitatif dilakukan untuk menganalisis data hasil validasi model oleh
para pakar dan hasil uji coba.
Penelitian ini menghasilkan: 1) sebuah model Program PLI Berbasis
Revolusi Industri 4.0 yang mengusung nilai novelty pada kompetensi 4C yang
diharapkan pada mahasiswa PLI dan aplikasi Siakama yang merupakan alat untuk
operasional dan melancarkan Program PLI berbasis Revolusi Industri 4.0, 2)
Model Program PLI berbasis Revolusi Industri 4.0 yang dikembangkan dan
produk pendukung yang dihasilkan telah dinyatakan valid, praktis dan efektif
secara statistik
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Model Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 04:23 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 04:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5191 |