Model Pembelajaran Flipped Classrom Berbasis Web untuk Pendidikan Tinggi

Effendi, Hastria (2020) Model Pembelajaran Flipped Classrom Berbasis Web untuk Pendidikan Tinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_HASTRIA_EFFENDI_16169043_288_2021.pdf] Text
B1_08_HASTRIA_EFFENDI_16169043_288_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan
sebuah model pembelajaran yang valid, efektif dan praktis untuk memberikan
layanan pendidikan tinggi terutama kepada kelompok orang yang, karena berbagai
alasan, tidak dapat menghadiri pendidikan tatap muka atau pendidikan reguler,
memperluas akses, dan pemerataan layanan pendidikan tinggi. Keberhasilan
model ini diharapkan secara signifikan dapat meningkatkan angka partisipasi
kasar (APK) pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan memberi peserta didik tanggung
jawab untuk belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran yang tidak memerlukan
bantuan, misalnya, tujuan pembelajaran yang terkait dengan keterampilan berpikir
tingkat rendah.
Penelitian ini menggunakan konsep flipped classroom dalam
mengembangkan model pembelajaran yang disebut Model Pembelajaran Flipped
Classroom Berbasis Web (MPFCBW). Di kelas normal pada umumnya, kegiatan
belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran keterampilan berpikir tingkat rendah
(LOTS) dilakukan di kelas sementara untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi
(HOTS) diperoleh di rumah dalam bentuk pekerjaan rumah. MPFCBW
mengelompokan tujuan pembelajaran menjadi tiga kelompok yaitu LOTS,
keterampilan berpikir tingkat menengah (MOTS) dan HOTS. MPFCBW, dalam
menerapkan konsep kelas terbalik, menyelenggarakan kegiatan pembelajaran
sebagai berikut: LOTS dilakukan oleh peserta didik secara online sebelum
kegiatan pembelajaran di kelas; MOTS dilakukan melalui presentasi dan diskusi
di kelas; sedangkan HOTS dilakukan di rumah setelah belajar di kelas dalam
bentuk makalah pendek. MPFCBW dijalankan dengan perangkat pembelajaran
berikut: model pembelajaran, rencana pembelajaran semester (RPS), materi
pembelajaran cetak dalam bentuk buku, program pengajaran berbasis web, buku
pedoman dosen, dan buku pedoman peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MPFCBW valid, praktis dan
sama efektifnya dengan model pembelajaran klasikal yang ada sekarang.
Keuntungan lain dari MPFCBW adalah ia dapat melayani lebih banyak peserta
didik daripada model pengajaran klasikal. Dapat disimpulkan bahwa WPFCBW
dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif baik sebagai pengganti
maupun sebagai suplemen untuk model pembelajaran yang ada di perguruan
tinggi sekarang.
Kata Kunci: Blended Learning, Flipped Classroom, Model Pembelajaran,
Pembelajaran Berbasis Web

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classrom Berbasis Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 09 Apr 2025 04:23
Last Modified: 09 Apr 2025 04:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5190

Actions (login required)

View Item
View Item