Fardila, Desy (2012) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Lingkungan Rill dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Sawahlunto (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_1_DESY_FARDILA_20194_3784_2012.pdf [thumbnail of B1_1_1_DESY_FARDILA_20194_3784_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_1_DESY_FARDILA_20194_3784_2012.pdf
Download (263kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) Pengaruh penggunaan
lingkungan rill dan tanpa menggunakan lingkungan rill terhadap hasil belajar
materi ekosistem, (2) Pengaruh penggunaan lingkungan rill pada siswa dengan
motivasi belajar tinggi terhadap hasil belajar materi ekosistem, (3) Pengaruh
penggunaan lingkungan rill pada siswa dengan motivasi belajar rendah terhadap
hasil belajar materi ekosistem, (4) Pengaruh pengunaan lingkungan rill dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain
penelitian Treatment by Block, dan diselenggarakan pada semester I Tahun
Pelajaran 2011/2012. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis
dengan uji t dan anava. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada
di SMA N 2 Kota Sawahlunto. Sampel penelitian dipilih dengan teknik penelitian
simple random sampling. Dari undian yang dilakukan diperoleh kelas XA sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan XC sebagai kelas kontrol
dengan jumlah siswa 32 orang.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang diajar
dengan menggunakan lingkungan rill lebih tinggi daripada hasil belajar siswa
yang diajar tanpa menggunakan lingkungan rill baik pada siswa kelompok
motivasi tinggi maupun kelompok siswa dengan motivasi rendah, (2) Penggunaan
lingkungan rill juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, (3) Hasil
penelitian ini juga menunjukkan tidak terdapat interaksi antara belajar
menggunakan lingkungan ril dengan motivasi terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 09:03 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5183 |