Desiyanti., Desiyanti. (2013) Pelaksanaan Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pembelajaran Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMA Kartini-Batam, Kepulauan Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_1_DESI_YANTY_18998_2638_2013.pdf [thumbnail of B1_1_1_DESI_YANTY_18998_2638_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_1_DESI_YANTY_18998_2638_2013.pdf
Download (883kB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada upaya kepala sekolah dalam melaksanakan
perannya sebagai supervisor pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan
di sekolah yang ia pimpin. Latar belakang penelitian ini ialah: 1) Kepala sekolah
belum membuat program supervisi yang komprehensif, 2) Pelaksanaan supervisi
belum efisien karena belum semua guru dapat disupervisi, 3) Hasil supervisi
belum ditindaklanjuti sebagai dasar pembinaan guru-guru oleh kepala sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) mengungkap peranan kepala sekolah
sebagai supervisor pembelajaran, 2) Menjelaskan faktor pendukung, dan 3) faktor
penghambat pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah, 4) menjelaskan upaya
solusi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menghadapi hambatan dalam
pelaksanaan supervisi. Berdasarkan tujuan tersebut, maka penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini terdiri atas kepala
sekolah sebagai informan kunci, pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Batam,
guru-guru dan tenaga kependidikan. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dan studi dokumentasi. Data yang
terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan
Huberman (1994) yang terdiri atas reduksi, display data dan verifikasi data.
Untuk menjamin keabsahan data yang terkumpul digunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini berupa temuan umum dan temuan khusus. Temuan
umum berupa profil SMA Kartini, Batam yang mana keadaan guru, siswa, tenaga
kependidikan, komite sekolah serta sarana dan prasarana sekolah telah hampir
memenuhi seluruh standar yang disyaratkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
Pada temuan Khusus didapati bahwa: 1) Pelaksanaan peran kepala sekolah
sebagai supervisor belum efektif dan efisien karena tidak terprogram dengan jelas,
dikarenakan persepsi kepala sekolah tentang supervisi terbatas hanya pada
kegiatan observasi kelas, 2) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi oleh kepala
sekolah anatara lain keadaan guru dan pegawai yang disiplin, hubungan baik
kepalas ekolah dengan yayasan, komite sekolah serta lingkungan sekolah, 3)
Faktor penghambat pelaksanaan supervisi adalah kepala sekolah yang kekurangan
waktu untuk melakukan supervisi karena juga harus mengajar 16 jam pelajaran
dan kurangnya pembinaan dari pengawas, 4) Solusi yang diambil oleh kepala
sekolah dalam menanggulangi hambatan supervisi, yakni dengan mendelgasikan
sebagian tugas supervisi kepada wakil kepala sekolah, serta mengupayakan CCTV
diruang belajar untuk memantau aktivitas guru di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 03:51 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 03:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5180 |