Pengembangan Model Pembelajaran Probaflim pada Mata Kuliah Algoritma Pemrograman

Asril, Elvira (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Probaflim pada Mata Kuliah Algoritma Pemrograman. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_ELVIRA_ASRIL_15193004_6347_2023.pdf] Text
B1_08_ELVIRA_ASRIL_15193004_6347_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahulu dan analisis kebutuhan yang telah
dilaksanakan pada mata kuliah algoritma pemrograman, program studi teknik
informatika, terdapat temuan hasil belajar dan kemampuan memahami logika
pemrograman yang masih rendah pada mahasiswa, sehingga perlu dilakukan
pengembangan model pembelajaran yang relevan dengan kondisi pandemi dan
Revolusi Industri 4.0. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model
pembelajaran Probaflim (Problem Based Flipped Classroom) pada mata kuliah
algoritma pemrograman.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan
(Research and Development atau R&D). Teknik analisis data untuk validitas
konten menggunakan uji Aiken’s V. Untuk mengukur validitas produk dilakukan
uji pakar dan Focus Group Discussion (FGD), sedangkan untuk kepraktisan
dilakukan uji penerapan produk ke mahasiswa menggunakan angket. Sedangkan
efektivitas produk, dilakukan uji coba eksperimen, menggunakan pretest-posttest
design pada aspek koginitif sedangkan aspek afektif dan psikomotor
menggunakan lembar observasi dalam bentuk rubrik penilaian.
Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran Probaflim yang valid,
praktis dan efektif pada mata kuliah algoritma pemrograman. Uji validitas telah
dilakukan pada sintaks, dan produk model pembelajaran Probaflim. Untuk
praktikalitas model pembelajaran berdasarkan respon dosen dan mahasiswa
dinyatakan sudah praktis dan efektif. Efektif dalam peningkatan hasil belajar
mahasiswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor serta peningkatan aktivitas
belajar. Model pembelajaran Probaflim dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif model pembelajaran pada program studi teknik informatika, yang
diharapkan dapat memberikan peningkatan kompetensi dan semangat
programming mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Probaflim
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 09 Apr 2025 03:27
Last Modified: 09 Apr 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item
View Item