Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Pemrograman Kolaboratif pada Matakuliah Pemrograman Berorientasi Objek

Efan, Efan (2023) Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Pemrograman Kolaboratif pada Matakuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_EFAN_17193035_5072_2023.pdf] Text
B1_08_EFAN_17193035_5072_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi dan metode yang telah ditawarkan pada pembelajaran matakuliah
Pemrogrman Berorientasi Objek (PBO) cenderung berdampak pada peningkatan
keterampilan individual saja. Dibutuhkan strategi pembelajaran yang relevan dan
mampu meningkatkan kemampuan kerja kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan model pembelajaran berbasis pemrograman kolaboratif (CPBL)
yang sesuai pada matakuliah PBO dan mengetahui validitas, praktikalitas, serta
efektivitasnya.
Penelitian dan pengembangan model CPBL dilakukan dengan menggunakan
prosedur pengembangan ADDIE dengan melibatkan tujuh pakar, 35 mahasiswa
kelas eksperimen, 23 mahasiswa kelas kontrol dan empat orang dosen pengampuh
matakulaih PBO. Validitas diuji dengan menggunakan formula Aiken’s V,
praktikalitas diuji dengan melihat respon mahasiswa dan dosen terhadap kuesioer
yang disebar, dan efektifitas diuji dengan melihat peningkatan hasil belajar
mahasiswa sebelum dan setelah pelaksanaan pembelajaran.
Temun penelitian menyatakan: 1) hasil uji validitas berdasarkan penilaian
dari para pakar menyatakan bahwa aspek-aspek yang terdapat dalam model CPBL
terbukti valid dengan nilai Aiken’s V sebesar 0.89, 2) hasil uji praktikalitas
menyatakan model CPBL sangat praktis dengan nilai praktikalitas 89.95% dari
mahasiswa dan 89.67% dari dosen, 3) uji efektifitas membuktikan bahwa
penerapan model CPBL mampu mereduksi masalah abstraksi dan komplesitas
matakuliah PBO dan juga mampu meningkatkan keterampilkan kolaborasi
mahasiswa terutama dalam pemrograman

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pemrograman Kolaboratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 09 Apr 2025 03:26
Last Modified: 09 Apr 2025 03:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item
View Item