Susanti, Dessi (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Instrumen Penilaian Bermuatan Nilai Budaya Minangkabau Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_DESSI_SUSANTI_16169008_2539_2021.pdf [thumbnail of B1_08_DESSI_SUSANTI_16169008_2539_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_DESSI_SUSANTI_16169008_2539_2021.pdf
Download (6MB)
Abstract
Peran nilai budaya dalam pembelajaran paling sering dikaitkan dengan
sikap/karakter dalam rangka meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, yang berarti
peran nilai budaya diukur melalui peningkatan kemampuan siswa dalam aspek
sikap/karakter yang bermuara pada peningkatan hasil belajar aspek kognitif.
Peimplementasian perangkat pembelajaran bermutan nilai budaya minangkabau pada
aspek sikap/karakter dalam pembelajaran ekonomi SMA belum dilaksanakan oleh
guru, sehingga sikap/karakter dan hasil belajar siswa belum terstimulasi secara
optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
bermuatan nilai budaya untuk menstimulasi peningkatan aspek sikap/karakter siswa
yang bermuara pada peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada pembelajaran
ekonomi SMA. Pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan nilai budaya
minangkabau untuk pembelajaran ekonomi menggunakan model ADDIE ( analyze,
design, develop, implement dan evaluate ). Instrumen pengumpulan data berupa
lembar observasi, angket dan lembar soal. Produk divalidasi oleh pakar dan
diujicobakan pada siswa kelas XI SMA Kota Padang yang telah menerapkan
kurikulum 2013 tahun ajaran 2019/2020. Data kuantitatif diperoleh melalui angket dan
lembar tes. Data kualitatif diperoleh melalui observasi, tanggapan dan saran perbaikan
yang diberikan secara tertulis. Praktikalitas perangkat pembelajaran ditentukan
berdasarkan keterpakaian perangkat pembelajaran, respon guru dan respon siswa.
Sedangkan efektivitas perangkat pembelajaran ditentukan dari sikap/karakter dan
psikomotor (aktivitas siswa) dan aspek kognitif siswa. Data keterpakaian perangkat
pembelajaran dan efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui penelitian
eksperimen dengan rancangan randomized control – group pretes-posttes design. Uji
coba terbatas dilakukan di SMA 8 Padang. Uji coba diperluas dilakukan di SMA 7 dan
SMA 13 padang. Data peningkatan kognitif dianalisis dengan uji t test menggunakan
bantuan SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh suatu perangkat pembelajaran
bermuatan nilai budaya minangkabau untuk pembelajaran ekonomi. Temuan
penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan
sikap/karakter siswa yang bermuaran pada peningkatan hasil belajar siswa aspek
kognitif dan psikomotor pada pembelajaran ekonomi di SMA. Oleh karena itu
berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada guru-guru dan calon guru untuk
dapat menggunakan perangkat pembelajaran bermuatan nilai budaya minangkabau
dalam pembelajaran Ekonomi di SMA
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian Nilai Budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 03:10 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5165 |