Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Sikap Jujur dan Tanggung Jawab

Nora, Desri (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Sikap Jujur dan Tanggung Jawab. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_DESRI_NORA_16169007_3172_2020.pdf] Text
B1_08_DESRI_NORA_16169007_3172_2020.pdf

Download (778kB)

Abstract

Tulisan ini diilhami dari adanya degradasi sikap mahasiswa yang
mengarah pada buruknya citra akademisi di perguruan tinggi. Diantaranya,
memudarnya sikap jujur dan tanggung jawab mahasiswa terhadap tugas dan
pembelajaran yang diikutinya sehingga berdampak pada peran mahasiswa di
tengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model
pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan sikap jujur dan tanggung jawab
dalam mata kuliah ISBD pada mahasiswa UNP.
Prosedur penelitian ini dilakukan melalui penelitian pengembangan
dengan menggunakan model penelitian desain pendidikan. Langkah model desain
pendidikan ini adalah penelitian pendahuluan, pengembangan prototype, dan
penilaian. Langkah ini dirancang sebagai sebuah desain model pembelajaran
kontekstual ke dalam pembelajaran mata kuliah ISBD sehingga model
pengembangan ini disebut model ISBDBASIKO. Pengembangan model
pembelajaran ini dilaksanakan menggunakan model ADDIE (analyze, design,
developement, implementation dan evaluation). Untuk instrumen pengumpulan
data berupa lembar observasi dan angket. Selanjutnya, dilakukan pengujian
terhadap model yang dikembangkan secara validitas, praktikalitas, dan
efektifitasnya yang mana dalam uji ini melibatkan beberapa ahli diantaranya ahli
bahasa, materi, dan desain.
Hasil penelitian ini memperlihtkan bahwa model ISBDBASIKO lebih
efektif dibandingkan dengan model konvensional. Hasil belajar mahasiswa
meningkat dan sikap jujur dan bertanggung jawab mahasiswa yang memakai
model pembelajaran ISBDBASIKO lebih baik dari pada model konvensional.
Sehingganya, model pembelajaran ISBDBASIKO bisa dijadikan sebagai salah
satu alternatif pembelajaran ISBD diperguruan tinggi

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Meningkatkan Sikap Jujur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 09 Apr 2025 03:10
Last Modified: 09 Apr 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item
View Item