Efektifitas Permainan Boneka Jari untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Anak Tunagrahita X

Yosastra, Oki (2013) Efektifitas Permainan Boneka Jari untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Anak Tunagrahita X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_Oki_ Yosastra_ 95912_5382_2013.pdf] Text
B1_02_Oki_ Yosastra_ 95912_5382_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Bina Bangsa Padang, seorang anak tunagrahita ringan kelas DVI. C yang mengalami masalah dalam operasi pengurangan bilangan. Kemampuan anak
masih sangat rendah, anak belum bisa untuk menyelesaikan operasi pengurangan bilangan 1 sampai 10. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas permainan boneka jari untuk meningkatkan
kemampuan operasi pengurangan bilangan bulat bagi anak tunagrahita X. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan eksperimen dengan metode Single Subject Research (SSR), dengan disain A-B-A dan teknik analisis datanya
menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan kelas DVI. C. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan pencatatan data jumlah soal yang dijawab benar oleh anak. Pengukuran variabelnya dengan
menggunakan persentase, yaitu membagi skor jawaban benar dengan skor total soal, kemudian dikali 100%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak tunagrahita X dalam operasi pengurangan bilangan bulat meningkat. Pada awal kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan sebanyak 7 kali dengan mean level 28,6%, pada
kondisi intervensi pengamatan dilakukan sebanyak 10 kali dengan mean level
83%, dan pada kondisi baseline (A2) pengamatan dilakukan sebanyak 6 kali dengan mean level yang diperoleh 91,7%. Hasil analisis data diperoleh arah kecendrungan data menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan
menyelesaikan operasi pengurangan bilangan yang lebih baik. Perubahan level data pada kondisi baseline (A1) adalah 10%, pada kondisi intervensi (B) adalah 50%, dan pada kondisi baseline (A2) adalah 10%. Overlap data yang terjadi pada
kondisi baseline (A1) dan intervensi adalah 0%, dan overlap data pada fase baseline (A2) dan intervensi adalah 10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan permainan boneka jari efektif untuk meningkatkan kemampuan
pengurangan bilangan 1 sampai 10 bagi anak tunagrahita X kelas DVI. C di SLB Bina Bangsa Padang. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan permainan boneka jari untuk belajar operasi pengurangan bilangan 1 sampai 10.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 08 Apr 2025 08:48
Last Modified: 08 Apr 2025 08:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5141

Actions (login required)

View Item
View Item