Afrizal, Afrizal (2013) Kontribusi Komitmen Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri ( MTsN ) Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AFRIZAL_51322_3346_2013.pdf [thumbnail of B1_1_AFRIZAL_51322_3346_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AFRIZAL_51322_3346_2013.pdf
Download (175kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan menunjukan
bahwa disiplin kerja guru MTsN se-Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah
Datar rendah. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan kendala dalam mencapai
tujuan Pendidikan yang telah ditetapkan. Peneliti menduga komitmen guru dan
kepemimpinan kepala Sekolah mempengaruhi disiplin kerja guru Madrasah
Tsanawiyah Negeri di Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya Kontribusi
Komitmen Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja
Guru MTsN se-Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Ada tiga
hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini. ( I ) komitmen guru berkontribusi
terhadap disiplin kerja guru ( 2 ) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi
terhadap disiplin kerja guru ( 3 ) komitmen guru dan kepemimpinan kepala
sekolah secara bersama- sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru.
Populasi penelitian ini adalah semua guru PNS pada MTsN Kecamatan
Salimpaung Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 84 orang. Sampel sebanyak
52 orang diambil dengan tekhnik Stratified Proportional random sampling.
Insturmen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket model skala
likert dan dianalisis dengan tekhnik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen guru berkontribusi sebesar
19,8 % terhadap disiplin kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi
sebesar 11,4 % terhadap disiplin kerja guru. Komitmen guru dan kepemimpinan
kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi sebesar 27,7 terhadap disiplin
kerja guru.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa komitmen guru dan
kepemimpinan kepala sekolah secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama
berkontribusi secara signifikan terhadap disiplin kerja guru MTsN se-Kecamatan
Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 07:24 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 07:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5139 |