Ayu, Citra (2021) Pengembangan Model Penemuan Terbimbing Berbasis Reflective Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Short Esai Mahasiswa. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_CITRA_AYU_17169028_4094_2022.pdf [thumbnail of B1_08_CITRA_AYU_17169028_4094_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_CITRA_AYU_17169028_4094_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model penemuan
terbimbing berbasis reflective teaching untuk meningkatkan keterampilan menulis
short esai mahasiswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh belum adanya model pengajaran menulis esai pendek pada
pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan pendekatan reflective teaching
di dalam kelas. Dosen di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai belum pernah
menerapkan pendekatan reflective teaching di dalam perkuliahan. Hal ini
berdampak pada keterampilan mahasiswa dalam menulis esai pendek dalam
pembelajaran Bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan model ADDIE. Data dalam penelitian ini bersumber dari data
primer yang berupa hasil dari in strumen pengumpulan data dan observasi
langsung terhadap mahasiswa serta wawancara langsung dengan dosen. Prosedur
pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis
melalui program aplikasi SPSS.
Dari hasil penelitian diperoleh suatu model pembelajaran penemuan
terbimbing berbasis reflective teaching. Model penemuan terbimbing berbasis
reflective teaching dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis
short esai yang dikembangkan dan telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas,
dan efektivitas. Tingkat validitas buku model penemuan terbimbing berbasis
reflective teaching yaitu 4,29 dengan kategori sangat valid. Tingkat validitas buku
dosen model penemuan terbimbing berbasis reflective teachingyaitu 4,23 dalam
kategori sangat valid. Tingkat validitas buku mahasiswa model penemuan
terbimbing berbasis reflective teaching yaitu 4,25 yang berkategori sangat valid.
Dalam hal ini, uji coba praktikalitas mendapatkan hasil bahwa tingkat
praktikalitas buku dosen menurut dosen dalam persentase yaitu 70,73 dengan
berkategori praktis. Sedangkan tingkat praktikalitas dari buku model dalam
persentase adalah 70,56 dan berkategori praktis. Berdasarkan hasil analisis data
tersebut, produk penelitian ini dapat digunakan dengan mudah sebab telah
memenuhi kriteria praktikalitas. Sementara itu, pada hasil uji efektivitas diketahui
bahwa rata-rata nilai post test mahasiswa lebih tinggi dibandingkan dengan nilai
rata-rata pre test. Dalam hal ini, rata-rata nilai post test sebesar 76, 25 dan rata-rata
nilai pre test sebesar 64,5. Terjadi peningkatan nilai mahasiswa sebelum dan
setelah penerapan model penemuan terbimbing berbasis reflective teaching yang
telah dapat meningkatkan keterampilan menulis short esai mahasiswa
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penemuan Terbimbing Reflective teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 01:23 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 01:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5130 |