Zulhasneti, Zulhasneti (2017) Pengaruh Metode Quantum Learningdan Motivasi BelajarTerhadap Pemahaman Konsep IPASiswa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Nanggalo Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ZULHASNETI_15170035_1302_2017.pdf [thumbnail of B1_01_ZULHASNETI_15170035_1302_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ZULHASNETI_15170035_1302_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
ep dan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa.
Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga berakibat pada rendahnya
ketekunan, keuletan, minat, kemandirian, dan ketertarikan terhadap IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:tentang pengaruh metode Quantum
Learning dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV
SD Gugus II Kecamatan Nanggalo Padang..
Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian
menggunakan adalah Randomized Control Group Only Design faktorial 2 x 2.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus II
Kecamatan Nanggalo. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV-A dan IV-B SDN
09 Surau Gadang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple
random sampling. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi belajar dan
pemahaman konsep. Data dianalisis dengan uji-t dan Anava dua arah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa:(1)pemahaman
konsep diajar dengan metode Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan yang
diajar dengan pembelajaran konvensional sesuai perhitungan uji t dimana thitung =
4,98 dan ttabel = 1,668.(2) pemahaman konsep dengan motivasi belajar tinggi yang
diajar dengan metode Quantum Learning lebih tinggi yang diajar dengan
pembelajaran konvensional sesuai perhitungan uji t dimana thitung = 3,34 sedang
ttabel = 1,692(3) pemahaman konsep dengan motivasi belajar yang rendah diajar
dengan metode Quantum Learning lebih tinggi yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional terlihat dari thitung = 2,68 dan ttabel = 1,697 (4) Tidak
terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar dalam
mempengaruhi pemahaman konsep yang terlihat dari fhitung = 0,28 danftabel = 3,988.
Artinya metode Quantum Learning berpengaruh secara signifikan terhadap
motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 07:19 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5123 |